I NYOMAN SUNARTA
I NYOMAN SUNARTA



Tupoksi Seksi Kerjasama

INFORMASI  JABATAN

 

  1. NAMA JABATAN           :Kepala Seksi Kerja sama.
  2. NAMA PEGAWAI          :ANIT

A, 

  1. UNIT KERJA             :

ESELON                     :

ESELON II                 : Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Lampung Tengah

ESELON III                 : Bidang Ketertiban Umum dan Ketentrama nMasyarakat

ESELON IV                :

 

  1. KEDUDUKAN DALAM STRUKTUR ORGANISASI :

 

 

  1. IKHTISAR JABATAN     :

Merencanakan kegiatan, membag itugas, membimbing bawahan, memeriksa hasil tugas bawahan, menyusun konsep bahan kegiatan Seksi Kerja sama, memfasilitasi SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten lampung tengah, mengevaluasi hasil kegiatan dan melaksanakan tugas kedinasan lain serta menyusun laporan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

6.    URAIAN TUGAS            :

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Kerjasama berdasarkan Rencana Operasional Bidang Tibum danTranmas sebagai pedoman pelaksanaan tugas.

Tahapan :

  1. Menelaah rencana operasional Bidang Tibum dan Tranmas ;
  2. Menyusun konsep rencana kegiatan Seksi Kerjasama;
  3. Mengkonsultasikan konsep rencana kegiatan dengan pimpinan untuk mendapatkan pengarahan;
  4. Menetapkan Rencana kegiatan Seksi Kerja sama;

 

  1. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Kerja sama

Tahapan :

    1. Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan;
    2. Mendelegasikan tugas kepada bawahan;
    3. Menghimpun saran dan masukan dari bawahan;
    4. Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
    5. Menentukan target waktu penyelesaian.

 

  1. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Kerja sama sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar.

Tahapan :

    1. Seksi Kerja sama mengidentifikasi kesulitan yang dialami bawahan;
    2. Menganalisis permasalahan dengan kepala Bidang untuk menentukan solusi terbaik;
    3. Memberikan arahan kepada bawahan terkait permasalahan yang dialami.

 

    1. Memeriksa hasil kerja bawahan  di lingkungan Seksi Kerjasama sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan.

Tahapan :

    1. Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan;
    2. Menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja;
    3. Mengidentifikasi kesalahan  hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan;
    4. Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis.

 

    1. Menyusun konsep bahan kegiatan Seksi Kerja sama sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Tibum dan Tranmas.

           Tahapan:

    1. Mengkaji usulan bahan kegiatan;
    2. Merumuskan konsep usulan bahan kegiatan Seksi Kerja sama;
    3. Laporan dan evaluasi.

 

    1. Memfasilitasi rapat koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten lampung tengah dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan.

Tahapan:

    1. Mempersiapkan materi fasilitasi;
    2. Melaksanakan bimbingan;
    3. Laporan dan evaluasi.

 

    1. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Kerja sama dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang.

    Tahapan:

    1. Menentukan target kerja sesuai dengan rencana kegiatan;
    2. Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan;
    3. Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan;
    4. Memberikan langkah langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan.

 

    1. Melaporkan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Kerja sama sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang.

Tahapan:

  1. Menganalisis capaian kinerja bawahan;
  2. Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas;
  3. Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan;
  4. Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas. 

 

    1. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Tahapan :

  1. Mempelajari tugas;
  2. Menjalankan tugas;
  3. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.

 

7.BAHAN KERJA       :

 

No

Bahan Kerja

Penggunaan Dalam Tugas

1

Rencana operasional

Penyusunan RencanaKegiatan

2

Beban kerja

Pembagian tugas bawahan

3

Tugas bawahan

Pembimbingan bawahan

4

Hasil tugas bawahan

Pemeriksaan hasil tugas bawahan

5

Data kegiatan Seksi Kerja sama

Penyusunan konsep bahan kegiatan Seksi Kerja sama

6

Surat permintaan Fasilitasi

Pelaksanaan fasilitasi bimbingan

7

Laporan pelaksanaan tugas Seksi Kerja sama

Penyusunan konsep evaluasi kegiatan perangkat daerah Kab. Lampung Tengah

8

Laporan tugas bawahan

Pengevaluasian tugas bawahan

9

Instruksi  pimpinan

Pelaksanaan tugas kedinasan lain

 

 

8.PERANGKAT/ALAT KERJA          :

                  

No

Perangkat Kerja

Digunakan Untuk Tugas

1

Komputer

b.Printer

c.Flash disk, CD-R, CD-RW

d.Alat tulis kantor

e.Undang-undang/peraturan/ juklak, Juknis

Sebagai sarana kerja pengolah data

Sebagai sarana kerja

Sebagai penyimpan data

Untuk memproses mengonsep surat, arsip, dokumen

Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan

2

Petunjuk Teknis dan SOP

Membagi tugas bawahan

3

Uraian tugas

Membimbing bawahan

4

Petunjuk Teknis dan SOP

Memeriksa hasil tugas

5

Petunjuk Teknis dan SOP

Menyusun konsep bahan kegiatan Seksi Kerja sama

 

  1. HASIL KERJA     :

 

No

Hasil Kerja

Satuan Hasil

1

Rencana Kegiatan Seksi Kerja sama

Dokumen

2

Tugas bawahan

Kegiatan

3

Bimbingan tugas

Kegiatan

4

Hasil koreksi Kerja bawahan

Kegiatan

5

Konsep bahan kegiatan Seksi Kerja sama

Dokumen

6

Fasilitasi bimbingan Kab/Kota

Kegiatan

7

Laporan Evaluasi

Kegiatan

8

Laporan Pelaksanaan tugas

Dokumen

9

Laporan hasil pelaksanaan tugas kedinasan lain

Laporan

 

10. TANGGUNG JAWAB                              :

 

        1. Menjaga kerahasiaan dan keamanan data Seksi Kerja sama;
        2. Merawat dan memelihara peralatan kerja Seksi Kerja sama;
        3. Melaksanakan kegiatan perangkat daerah Kabupaten Lampung Tengah sesuai dengan petunjuk teknis;

11. WEWENANG                                    :

  1. Memeriksa dan mengevaluasi data di Seksi Kerja sama;
  2. Mengkoordinasikan kegiatan diSeksi Kerja sama;
  3. Mengawasi, mengatur, mengarahkan JFU di Seksi Kerja sama;

 

12. KORELASI JABATAN     :

 

No

Jabatan

Unit Kerja/Instansi

Dalam Hal

1.

Kabid Tibum & Tranmas

Satuan Polisi Pamong Praja Kab.Lampung Tengah

Arahan, Petunjuk, Laporan

2.

Kasi

Kabupaten/Kota Se Kab. Lampung Tengah

Pembinaan Perangkat Daerah

3.

Kabid dan Kasi

Satuan  Polisi Pamong Praja Kab. Lampung Tengah

Koordinasi Intern

4.

Jabatan Pelaksana Seksi Kerja  sama

Satuan Polis iPamong Praja Kab. Lampung Tengah

Petunjuk Pelaksanaan Tugas

 

13. KONDISI LINGKUNGAN KERJA          :

No.

Aspek

Faktor

1.

TempatKerja

Dalamruangan

2.

Suhu

Sejuk

3.

Udara

Kering

4.

KeadaanRuangan

Cukup

5.

Letak

-

6.

Penerangan

Terang

7.

Suara

Tenang

8.

KeadaanTempatKerja

Bersih

9.

Getaran

-

 

14. RESIKO BAHAYA                       :

No.

Fisik/ mental

Penyebab

1.

2.

-

 

-

-

 

 

15.  SYARAT  JABATAN                   :

  1. Pangkat/Gol. Minimum

 

  1. Pendidikan/Jurusan

 

  1. Kursus/Pelatihan
  • Penjenjangan
  • Teknis Fungsional

 

  1. Pengalaman Kerja

 

 

  1. Pengetahuan Kerja

 

 

 

 

  1. Keterampilan Kerja

 

 

 

 

 

  1. Bakat Kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tempramen Kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Minat Kerja

 

 

 

 

 

 

 

  1. Upaya Fisik

 

 

  1. KondisiFisik                  :
  1. Jenis Kelamin
  2. Umur
  3. Tinggi Badan
  4. Berat Badan
  5. Postur Badan
  6. Penampilan

 

  1. Fungsi jabatan

:

 

:

 

 

 

:

 

 

:

 

 

:

 

 

 

 

:

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

PenataMuda Tk. I, Gol.III/b

 

S1 Umum

Ideal : IlmuHukum, IlmuAdministrasi Negara, IlmuPemerintahan

 

    • Diklat PIM IV
    • DiKlat PPNS

 

    • Ess.IV SKPD Kab. Lampung Tengah
    • JFU Satpol PP Kab. Lampung Tengah minimal 4 th

 

- TehnikKomunikasi

- TehnikNegosiasi, Kerjasama.

- Manajemen Pelayanan Umum

- Kehumasan

 

    • Melakukan Negosiasi dan Mediasi
    • Menetapkan Strategi Pengawasan.

- BerkomunikasidlmBahasaInggrisLisan

&Tulisan.

-  Menetukanalternatifpemecahanmasalah

 

- G (Intelegensia) Kemampuanuntuk

                                                          Menangkapataumemahamiinstruksi-instruksidanprinsip-prinsip yang mendasarinya.

- V (Verbal Aptitude) Kemampuanuntukmemahamiarti kata-kata danpenggunaannyasecaratepatdanefektif.

-  Q (Clerical Perception) Kemampuanmenyerapperincian yang berkaitandalambahan verbal ataudalamtabel.

 

    • D (DCP) Kemampuan menyesuaikan diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin,mengendalikan ataumerencanakan
    • M (MVC) Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan pengambilan kesimpulan, pembuatan pertimbangan, atau pembuatan peraturan/keputusan berdasarkan criteria yang diukur atau yang dapat diuji.
    • R (REPCON) Kemampuan menyesuaikan diri dalamkegiatankegiatan yang berulang ,atausecaraterusmenerusmelakukankegiatan yang sama, sesuaidenganperangkatprosedur, urutanataukecepatantertentu.

 

1.b. Pilihanmelakukankegiatan yang

berhubungandengankomunikasi data.

3.a. Pilihanmelakukankegiatan yang

berhubungandengan orang dalam

niaga.

4.a. Pilihanmelakukankegiatan yang          dianggapbaikbagi orang lain.

 

Berdiri, berjalan, duduk, melihat, mendengar, berbicara.

 

 

Laki-laki/Perempuan

-

-

-

-

-

 

  1. D1. Mengkoordinasikan Data
  2. O0. Menasehati
  3. O1. Berunding
  4. O3. Menyelia

 

16.PRESTASI KERJA YANG DIHARAPKAN          :

 

No.

HasilKerja

JumlahSatuan

Waktu Yang di Perlukan

1.

Dokumen

1

4000

2.

Kegiatan

20

12000

3.

Kegiatan

20

12000

4.

Kegiatan

15

12000

5.

Dokumen

1

6000

6.

Kegiatan

15

6000

7.

Kegiatan

15

4000

8.

Dokumen

20

8000

9.

Laporan

30

8000